#Day7Ramadhan2017 Masjid Al-Azhar Summarecon

By Triana Winni - 9:54 AM

#MosqueTraveler

Nama Masjid: Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi
Lokasi: Jl. Bulevar Utara Blok L, Bekasi Utara, Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17143




Ulasan:

Salah satu masjid yang menjadi destinasi safari masjid saya pada Ramadhan tahun ini adalah Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi. Kenapa saya memilih masjid ini? Pertama, karena lokasinya tidak begitu jauh dari rumah saya. Kedua, karena saya suka dengan arsitektur dan atmosfer yang hadir ketika saya beribadah di masjid ini.

Di luar bulan Ramadhan, biasanya setelah CFD (Car Free Day), saya memang beberapa kali menyempatkan sholat dhuha di masjid ini. Sholat dhuha setelah CFD di masjid ini benar-benar bikin saya ketagihan. Begitu masuk masjid ini, panas dan gerah usai olahraga atau jalan pagi di CFD akan berubah menjadi adem. Lantainya cukup dingin - dengan indikator dingin ala planet Kota Bekasi yang panasnya sangat terik seperti dekat dengan matahari. Airnya segar. Mukena-nya bersih. Karpetnya tidak bau. Pokoknya, masjid ini bikin minggu pagi saya jadi semakin segar!

Masjid ini bisa dibilang cukup unik, karena bentuknya yang persegi dan tanpa kubah besar seperti umumnya masjid di Indonesia. Masjid ini terdiri dari tiga lantai, dengan dilengkapi CCTV di beberapa sudut ruang. Sebelum Ramadhan, biasanya lantai atas diperuntukkan sebagai tempat sholat perempuan. Lantai utama atau lantai dua digunakan untuk tempat sholat laki-laki. Sedangkan lantai bawah - saya kurang tau kegunaannya untuk apa ya biasanya? Mungkin untuk aula/ruang pertemuan/kajian/dsj.

Selidik punya selidik, ternyata Masjid dengan luas 1.320 meter persegi ini dirancang oleh Kang Emil atau Ridwan Kamil - seorang arsitek yang saat ini sedang menjabat sebagai Wali Kota Bandung. MasyaAllah, harus diakui kalau desainnya memang unik dan masterpiece!

Nah, Ramadhan ini, lantai bawah dipakai untuk sholat perempuan, sedangkan lantai atasnya dibiarkan kosong. Mungkin hal ini disebabkan karena lantai bawah dapat menampung lebih banyak jamaah, dibandingkan dengan lantai atas. Saya tidak melihat jendela di lantai bawah, tapi karena full AC, udaranya jadi sejuk haha. Alhamdulillah, saya tidak perlu sibuk kipas-kipas dan bisa jadi lebih konsentrasi beribadah. Lantai bawah juga dilengkapi dengan LCD proyektor dan TV, sehingga para jamaah perempuan tetap bisa melihat imam dan khatib saat menyampaikan ceramahnya. 

Lantai bawah untuk tempat sholat perempuan

Setelah sholat isya, khatib akan menyampaikan ceramah selama 15 - 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan sholat tarawih sebanyak 8 rakaat, disertai dengan sholat witir 3 rakaat, sehingga total 11 rakaat. Saya tadi selesai sholat sekitar pukul 20.30 WIB.

Mungkin segitu dulu aja ulasannya. Kalau masih kurang lengkap, mohon maaf. Silakan langsung dikunjungi untuk merasakan sendiri suasananya :)


Saran dan Masukan:

Salah satu yang mungkin masih kurang dalam segi program sholat tarawih-nya adalah tidak ada doa bersama. Mungkin akan lebih indah jika ada doa bersama atau sholawat setelah sholat. Niat sholat hanya dibaca diawal sebelum sholat tarawih, sedangkan sebelum sholat witir, imam hanya berkata "witir" hehe, alias kasih kode bahwa kita akan melanjutkan sholat witir. Jadi, setelah sholat tarawih(+witir), kebanyakan orang akan langsung pulang, beberapa ada yang berdoa masing-masing.  


Bintang (skala 1 - 5):

Overall, bintang dari saya sebagai awam untuk masjid ini (dari segi kenyamanan, keamanan, dan program sholat tarawih) adalah 4.5.


Referensi:
https://www.travelio.com/bekasi/masjid-raya-al-azhar-summarecon-bekasi
https://m.tempo.co/read/news/2015/06/24/155677942/di-summarecon-bekasi-ada-masjid-tak-berkubah-ala-ridwan-kamil

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar